Selasa, 05 Desember 2017

CARA MEMILIH PRODUK YANG BAIK

aat kita memulai berjualan via internet, ada kalanya diperlukan riset produk yang akan kita jual di internet karena tidak semua produk bisa dengan mudah di jual melalui internet. Pemilihan produk yang tepat akan membantu kita meraih keuntungan lebih mudah, cepat dan juga menurunkan resiko kerugian atas tidak lakunya produk tersebut. Berikut terdapat 7 tips memilih produk yang tepat untuk dijual online.

Menjual produk yang memiliki banyak aksesoris.

Jika Anda berjualan produk handphone dengan persentase keuntungan dari produk tersebut tidak terlalu besar, maka sebagai pedagang pun kita akan menjual berbagai aksesoris handphone untuk mendongkrak penghasilan. karena persentase keuntungan dari aksesoris biasanya jauh lebih tinggi dibandingkan handphone itu sendiri.
Contoh lainnya adalah kamera, dimana banyak sekali peralatan dan perangkat pendukung seorang fotografer untuk melakukan pekerjaannya, misalnya tripod dan lensa. Produk seperti ini dikenal dengan istilah Accessory-Rich Niches.

Menjual produk yang turnover-nya rendah.

Maksud dari istilah turnover adalah produk tersebut memiliki waktu tertentu untuk segera digantikan dengan produk yang lebih baru (up-to-date). Ketika hendak memulai bisnis, pilihlah produk yang mampu bertahan cukup lama di pasaran. Walapun setiap produk yang kita jual, ada suatu pembaharuan entah dari segi tren bahkan teknologi, usahakan jenis produk yang kita pilih memiliki masa turnover yang rendah.

Menjual produk yang sudah terkenal.

Pilihlah produk yang sudah dikenal oleh konsumen supaya kita lebih mudah melakukan promosi ke pasar. Dengan begitu kita tidak perlu melakukan edukasi atau memberikan penjelasan panjang dan rumit kepada calon konsumen.

Menjual produk yang ringan dan ringkas.

Apabila produk yang dijual memiliki bobot yang ringan, maka ongkos kirim pun semakin murah. Dengan ongkos kirim lebih murah maka di masa depan kita dapat memberikan promosi gratis ongkos kirim ke wilayah tertentu. Selain itu, produk yang ringan dan ringkas memudahkan kita untuk menyetok barang tersebut di gudang.

Menjual produk yang sulit ditemukan di pasar konvensional (offline).

Ketika memilih produk untuk di jual melalui internet, pilihlah produk yang tidak banyak ditemukan di toko-toko konvensional. Dengan begitu produk kita akan dicari lewat internet dan cenderung akan lebih mudah mendapatkan customer yang potensial. Namun di sisi lain, perhatikan juga permintaan (demand) dari produk tersebut di pasar. Apakah memang produk tersebut banyak dicari karena ketersediaannya yang masih terbatas? atau ternyata memang produk tersebut tidak terlalu laku di pasaran.

Menjual produk yang sesuai dengan hobi.

Jika kita bisa menemukan produk yang sesuai dengan hobi, maka itu akan sangat membantu kita untuk mengembangkan bisnis dengan baik. Tentu akan sangat menyenangkan jika sebuah hobi bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan (profitable). Misalnya, jika kita menyukai kegiatan bersepeda, maka bisa dimulai dengan mencari produk yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.

Menjual produk yang bersifat sekali pakai / mudah habis.

Apabila pelayanan pertama kita memuaskan, kemungkinan besar mereka akan menghubungi kita lagi untuk membeli produk yang sama (repeat order). Mengapa? Karena sebuah nilai plus apabila produk yang kita tawarkan memiliki usia / masa pakai tertentu, sehingga membuat customer  membeli produk tersebut di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar