Selasa, 05 Desember 2017

CARA MENENTUKAN HARGA

1. Mengetahui dengan pasti biaya pembelian yang dikeluarkan
Sebelum menentukan harga jual produk, pastikan bahwa Anda mengetahui besarnya biaya pembelian yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan satu buah produk. Biaya ini meliputi harga kulakan produk dari para supplier, biaya pengiriman barang dari tempat supplier ke tempat Anda, serta biaya tambahan lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan barang.
2. Hitung pula besarnya biaya operasional bisnis Anda
Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda juga harus cerdas dalam menentukan besarnya laba usaha yang Anda terima dari harga jual yang ditentukan di setiap produk. Pastikan bila besarnya laba yang Anda tentukan telah menutup seluruh biaya operasional perusahaan, termasuk diantaranya biaya maintenance website, biaya sewa hosting, biaya promosi, biaya listrik, dan lain sebagainya.
3. Jangan lupakan ongkos kirim produk
Biaya ini biasanya tak banyak diperhatikan oleh para penjuala online. Padahal, sebenarnya ongkos kirim produk cukup berpengaruh terhadap margin keuntungan yang Anda terima. Contohnya seperti menyepelekan harga kardus atau kotak, plastik, plester, dan biaya jasa pengiriman, sehingga harus memangkas besarnya laba usaha yang Anda terima.
4. Hindari menyamaratakan keuntungan
Tak sedikit pelaku bisnis online yang menentukan margin keuntungan yang sama besar untuk setiap produk yang mereka jual, agar keuntungan yang mereka dapatkan juga bisa lebih besar. Tentu strategi ini kurang tepat, karena Anda harus menyesuaikan harga jual produk dengan kualitas barang yang ditawarkan. Sebaiknya tentukan margin keuntungan yang bervariasi dari mulai yang paling rendah hingga yang paling mahal untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumen Anda.
5. Mempertimbangkan supply dan demand
Dalam menentukan harga produk, sebaiknya para pemilik toko online juga mempertimbangkan supply dan demand yang terjadi. Anda harus jeli dalam melihat musim dan mengamati banyaknya permintaan untuk menentukan harga jual produk di pasaran. Ketika produk Anda banyak dicari konsumen dan barangnya saat ini sedang langka (persediaannya sedikit) maka Anda bisa menaikkan harga jualnya lebih tinggi untuk mendatangkan untuk besar dari moment tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar